Jumat, 29 April 2011

aristotle: metode logis


aristotle: metode logis

terbesar dan paling berpengaruh dari plato <. . ph/plat. htm>' pelajar aristotle <. . ph/ari. htm>, siapa mendirikan sekolah miliknya athen. meskipun karir tulisan dia mungkin mulai dengan produksi quasi-platonic dialogue, tak satupun dari mereka telah selamat. malahan, pengetahuan kami aristotle' doktrin harus menurunkan dari highly-condensed, berbentuk lonjong bekerja itu mungkin telah ceramah catatan-catatan dari dia mengajar di ruang kuliah. meskipun tidak maksud untuk penerbitan, teks ini menyatakan brilian pikiran di tempat kerja di banyak bermacam-macam banyak topik.

secara filsafat, bekerja dari aristotle mencerminkan keberangkatan bertahap dia dari pengajaran plato dan adopsi dia baru mendekati. tidak seperti plato, siapa gembira di abstrak berpikir tentang supra-sensible kerajaan bentuk, aristotle sangat beton dan praktis, mempercayakan dengan berat atas pengamatan berhubungan dengan perasaan sebagai starting-point untuk renungan filosofis. tertarik akan setiap daerah pengetahuan manusia tentang dunia, aristotle membidik mempersatukan sebanyak mereka di sistem terang berpikir oleh mengembang metodologi biasa itu akan melayani dengan sama prosedur sebagai baik untuk belajar tentang beberapa gemblengan.

untuk aristotle, kemudian, logika instrumen (" organon" ) atas pertolongan yang kami mengenali apa saja. dia mengusulkan sebagai aturan resmi untuk benar penalaran prinsip dasar logika tanpa syarat <. . dy/c. htm> itu yang bersifat universal menerima oleh ahli filsafat barat sampai abad ke sembilan belas. sistem ini berpikir pernyataan tegas hormat subject-predicate bentuk ekspresi utama sebagai kebenaran, di mana keistimewaan atau kekayaan ditunjukkan ke inhere di zat sendiri. di setiap gemblengan pengetahuan manusia, kemudian, kami mencarikan mendirikan barang jenis punya keistimewaan baik tertentu.
aristotle lebih jauh bahwa  ini diharapkan skema logis dengan teliti mewakili alami benar kenyataan <. . dy/r. htm>. berpikir, bahasa,  dan kenyataan semua isomorphic, sangat ganjaran hati-hati kami mengatakan dapat membantu kita mengerti barang jalan sungguh. mulai dengan deskripsi sederhana barang teliti, kami dapat akhirnya berkumpul informasi kami untuk mencapai lengkap melihat.

pplying categorie
awal mencatat dalam aristotle <. . ph/ari. htm>' mengumpulkan logis bekerja categorie <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/categorie. html>, analisis predication biasanya. ini mulai dengan perbedaan diantara tiga cara arti dari berbeda menggunakan dari membenarkan mungkin dihubungkan ke saling: homonymy, synonymy,  dan paronymy <. . dy/h5. htm> dalam beberapa terjemahan, " mempunyai dua arti, " " univocal, "  dan " derivatif" ). homonymou menggunakan dari membenarkan punya segala berbeda penjelasan, seperti di" dengan semua uang itu, dia sungguh diload, "  dan " bagaimanapun juga dia mempunyai ke minum, dia sungguh diload. " bersinonim menggunakan punya sebenarnya sama perhitungan, seperti di" sapi mamalia, "  dan " lumba-lumba mamalia. " paronymou attribution punya berbeda tetapi dihubungkan indera, seperti di" dia sehat, "  dan " sifat umum dia sehat. " (categorie 1 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/categorie. 1.1. html> adalah penting di setiap kotak mengerti bagaimana ini menggunakan dari membenarkan membandingkan dengan lain nya menggunakan.
sangat kami cerah tentang jenis kami sedang membuat pada setiap hal, aristotle mengusulkan bahwa kami mengembangkan deskripsi barang sendiri itu menghubungkan dengan setiap membenarkan (atau categorie <. . dy/c. htm> dari sepuluh berbeda jenis. zat <. . dy/s9. htm> paling dari antara penting sekali sepuluh, sejak ini menjelaskan hal dalam kaitan dengan apa ini paling sesungguhnya. untuk aristotle, zat utama hanya hal sendiri sendiri, yang tidak bisa predicated dari yang lain-lain. tetapi zat sekunder predicable, sejak mereka termasuk spesies dan jenis yang mana hal sendiri termasuk. jadi, attribution zat di rasa sekunder ini mendirikan pokok hal teliti.
lain sembilan categories—quantity, kualitas, penghubung, dimana, bila, sedang berada dalam posisi, setelah, bertintak pada,  dan mempengaruhi by—describe keistimewaan yang membedakan zat sendiri ini dari lain sama baik; mereka masih dapat derajat dan mereka contrarie mungkin kepunyaan hal yang sama. (categorie 4 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/categorie. 1.1. html> menggunakan di kombinasi, sepuluh jenis membenarkan dapat menyediakan perhitungan lengkap siapapun hal. jadi, sebagai contoh: chloë anjing yang menimbang forty pound, reddish-brown,  dan salah satu dari sampah tujuh. dia di flat saya 7: 44. m. di juni 3, 1997, berbaring di sofa, memakai pekerja kasar dia, mencaci maki tupai,  dan meminang. aristotle itu diharapkan semua yang benar zat sendiri dapat, pada prinsipnya, mengatakan tentang itu di salah satu dari ini sepuluh jalan.

kebenaran sifat alami

lainnya aristotle <. . ph/ari. htm>' logis bekerja, di tafsiran <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/tafsiran. html>, anggap menggunakan dari membenarkan di kombinasi dengan pokok ke pernyataan bentuk <. . dy/p9. htm> atau pernyataan tegas, setiap dimana salah satu benar atau salah. kami biasanya menentukan kebenaran pernyataan dengan menganjurkan ke pengalaman kami kenyataan ini membawa,  tetapi aristotle mengakui berbagai kesulitan khusus itu timbul di keadaan tertentu.
meskipun kami mengabulkan (dan dapat sering bahkan menemukan) kebenaran atau kepalsuan pernyataan tentang lewat dan persembahkan ihwal, pernyataan tentang masa depan bampak meragukan. jika pernyataan tentang besok benar (atau salah) hari ini, kemudian masa depan peristiwa ini menjelaskan akan terjadi (atau tidak terjadi) perlu;  tetapi jika pernyataan seperti itu benar bukan maupun salah, kemudian tidak ada masa depan sama sekali. aristotle' enceran mengendalikan bahwa pemisahan perlu benar hari ini suingguhpun bukan terpisah. jadi, ini perlu itu salah satu tomorrow' peristiwa akan terjadi atau ini akan tidak,  tetapi ini bukan perlu bahwa akan terjadi maupun perlu bahwa akan tidak terjadi. (di tafsiran 9 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/tafsiran. 1.1. html>
aristotle' pengurusan masalah khusus ini, suka dia banyak umum berusaha ke menyortir sifat alami hubungan diantara keadaan terpaksa dan peristiwa yang mungkin terjadi <. . dy/n. htm> di di tafsiran 12-13 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/tafsiran. 2.2. html>, rumit dengan anggapan bahwa struktur model logika kenyataan sifat alami. dia harus berusaha menjelaskan tidak hanya jalan kami bicara,  tetapi dunia cara oleh karena itu harus.

ilmu pengetahuan penunjuk
akhirnya, di terdahulu analitik <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/terdahulu. html> dan kemudian analitik <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/kemudian. html>, aristotle <. . ph/ari. htm> menawarkan merinci perhitungan penalaran penunjuk diperlukan memperkuat pengetahuan teoritis <. . dy/k9. htm>. menggunakan matematika sebagai contoh, aristotle mengira bahwa semua demikian pengetahuan harus menurunkan dari apa telah mengetahui. jadi, proses penalaran dengan semua orang mati <. . dy/c. htm> mempekerjakan definisi resmi keabsahan <. . dy/v. htm> itu mengizinkan kesimpulan kebenaran baru dari mendirikan prinsip. gol menyediakan perhitungan barang terjadi jalan mereka lakukan, berdasarkan atas wajib apa kami telah tahu.
untuk mencapai keadaan terpaksa asli, ilmu pengetahuan penunjuk ini harus memusatkan di pokok daripada kecelakaan <. . dy/e9. htm>, pada  apa" benar kotak seperti halnya, " daripada pada  apa secara kebetulan" benar kotak sesungguhnya. " adalah bukan cukup mengetahui bahwa ini menghujani hari ini; kami harus dapat ke figur keluar umum kondisi hal jawatan cuaca bawah yang hujan tidak dapat dihindari. bila kami alasan dari perlu universal <. . dy/q. htm> dan afirmatif <. . dy/q. htm> pernyataan tentang keistimewaan pokok sementara berasumsi sebagai kecil sebagai mungkin, menghasilkan tubuh pengetahuan akan sesungguhnya patut menerima nama ilmu pengetahuan.

empat menyebabkan
menerapkan prinsip membangun di uraian logis dia, aristotle <. . ph/ari. htm> menawarkan perhitungan umum cara menjalankan zat sendiri di dunia alami. dia menggambar signifikan perbedaan diantara barang dua jenis: yang memindahkan hanya ketika memindahkan oleh hal lain dan yang mampu dari memindahkan mereka sendiri. di pisah uraian, aristotle tidak hanya mengusulkan deskripsi besar dari tiap jenis tetapi juga berusaha menjelaskan mengapa mereka berfungsi sebagai mereka lakukan.
aristotle dianggap badan dan mereka externally-produced pergerakan di fisika <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/fisika. html>. tiga perbedaan penting sekali menentukan bentuk bahasan ini ilmu eksakta. pertama, dia mewariskan sejak dari permulaan itu, karena perbedaan di asal mereka, kami mungkin perlu tawar berbeda mempertanggung jawabkan fungsi barang alami dan mereka yang artifak. kedua, dia meminta dengan tegas bahwa kami dengan jelas membedakan antara bahan baku dan bentuk yang bersama-sama peraturan <. . dy/h9. htm> sifat alami siapapun hal. akhirnya, aristotle menekankan perbedaan diantara barang sebagaimana adanya dan barang dianggap untuk memecahkan mereka akhir <. . dy/e5. htm> atau maksud.
bersenjata dengan perbedaan ini, aristotle mengusulkan di fisika ii, 3 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/fisika. 2. ii. html> kami menggunakan empat jenis itu sangat berbeda asas bersifat menerangkan {gk. aition [aition <. . dy/a2. htm> kepada pertanyaan hal, empat menyebabkan <. . dy/c2. htm>:
sebab bahan bahan dasar dari mana hal dibuat. penyebab bahan rumah, sebagai contoh, akan termasuk kayu, logam, gelas,  dan menggunakan dalam  nya bangunan bahan bangunan lain. semua  ini barang termasuk di penjelasan rumah karena ini dapat tidak ada kalau mereka hadir di penyusunan nya.
sebab resmi {gk. eido [eido <. . dy/e. htm> pola atau pokok sesuai dengan yang material ini dihimpun. jadi, penyebab resmi rumah patut dicontoh kami akan adalah jenis hal yang direpresentasikan di cetak biru desain. ini, juga, bagian dari penjelasan rumah, sejak material nya akan hanya tinggi puing (atau berbeda rumah) jika mereka adalah bukan meletakkan bersama dengan cara ini.
sebab efisien agen atau kekuatan segera bertanggung jawab untuk membawa perkara ini <. . dy/m2. htm> dan bentuk itu bersama di produksi hal. jadi, penyebab efisien rumah akan termasuk tukang kayu, tukang batu, tukang ledeng,  dan pekerja lain yang menggunakan material ini membangun rumah seturut cetak biru untuk bangunan nya. dengan jelas rumah akan tidak apa itu tanpa sumbangan mereka.
akhirnya, sebab akhir {gk. telov [télo <. . dy/t. htm> akhir <. . dy/e5. htm> atau tujuan di mana hal ada, sehingga penyebab akhir rumah kami akan menyediakan perlindungan untuk manusia. ini adalah bagian dari penjelasan house' adanya karena ini akan tidak pernah telah mendirikan kalau seseorang memerlukan ini sebagai tempat tinggal.
menyebabkan dari semua empat jenis perlu unsur di beberapa cukup perhitungan adanya <. . dy/e9. htm> dan alami hal, aristotle percaya, sejak absen atau perubahan tentang segala salah satu dari mereka akan hasil ini adanya hal berbeda jenis. lagi pula, penjelasan yang termasuk semua empat menyebabkan selesai semua menangkap arti dan kenyataan hal sendiri.

penampilan kesempatan
bahwa peringatan empat menyebabkan menerapkan banyak sewajarnya ke artifak daripada ke obyek alami. kenaikan ilmu pengetahuan modern menghasilkan secara langsung dari penolakan aristotelean pendapat akhir menyebabkan khususnya. masih, skema bekerja sangat untuk artifak kami sering menemukan diri kita menujukan tujuan bahkan kepada rupanya tidak ada gunanya ihwal dunia itu alami.
di banyak aplikasi resmi, efisien,  dan akhir menyebabkan merawat untuk;menjadi menggabungkan di tunggal desain itu dan membangun hal untuk tujuan khusus. jadi, diferensiasi asasi di aristotelean dunia ternyata adalah diantara perkara tidak bertenaga di yang esa tangan dan agen cerdas di lain. sebagai kami akan segera lihat, ini menyediakan penjelasan alami untuk fungsi memberi semangat organisme alami.
kalau barang yang muncul timbul oleh murni kesempatan, aristotle <. . ph/ari. htm> membantah itu sejak dengan maksud tertentu origination menjelaskan oleh empat menyebabkan normal pesanan, hal ini harus salah satu barang itu harus telah sebab tetapi terjadi ke kekurangan ini atau (banyak mungkin) barang itu sebenarnya lakukan telah menyebabkan dimana kami secara sederhana tak sadar. ketrampilan terang di fabrikasi artifak, dia percaya, bukti untuk purposive karakter alami,  dan ini membagi sama keadaan terpaksa, suingguhpun kami kadang-kadang tidak berpengetahuan tentang operasi internal nya. (fisika ii, 8 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/fisika. 2. ii. html>
meskipun saya akan hard-pressed memajukan sebab akhir untuk adanya nyamuk yang sekarang menggigit saya, sebagai contoh, aristotle itu diharapkan di sana harus akhirnya penjelasan untuk nya menyajikan adanya dan kegiatan. banyak generasi ahli filsafat barat, khususnya mengenai dengan mendamaikan doktrin itu kristen dengan falsafah, akan dengan tegas dibela mirip melihat


0 komentar:

Poskan Komentar

Jumat, 29 April 2011

aristotle: metode logis


aristotle: metode logis

terbesar dan paling berpengaruh dari plato <. . ph/plat. htm>' pelajar aristotle <. . ph/ari. htm>, siapa mendirikan sekolah miliknya athen. meskipun karir tulisan dia mungkin mulai dengan produksi quasi-platonic dialogue, tak satupun dari mereka telah selamat. malahan, pengetahuan kami aristotle' doktrin harus menurunkan dari highly-condensed, berbentuk lonjong bekerja itu mungkin telah ceramah catatan-catatan dari dia mengajar di ruang kuliah. meskipun tidak maksud untuk penerbitan, teks ini menyatakan brilian pikiran di tempat kerja di banyak bermacam-macam banyak topik.

secara filsafat, bekerja dari aristotle mencerminkan keberangkatan bertahap dia dari pengajaran plato dan adopsi dia baru mendekati. tidak seperti plato, siapa gembira di abstrak berpikir tentang supra-sensible kerajaan bentuk, aristotle sangat beton dan praktis, mempercayakan dengan berat atas pengamatan berhubungan dengan perasaan sebagai starting-point untuk renungan filosofis. tertarik akan setiap daerah pengetahuan manusia tentang dunia, aristotle membidik mempersatukan sebanyak mereka di sistem terang berpikir oleh mengembang metodologi biasa itu akan melayani dengan sama prosedur sebagai baik untuk belajar tentang beberapa gemblengan.

untuk aristotle, kemudian, logika instrumen (" organon" ) atas pertolongan yang kami mengenali apa saja. dia mengusulkan sebagai aturan resmi untuk benar penalaran prinsip dasar logika tanpa syarat <. . dy/c. htm> itu yang bersifat universal menerima oleh ahli filsafat barat sampai abad ke sembilan belas. sistem ini berpikir pernyataan tegas hormat subject-predicate bentuk ekspresi utama sebagai kebenaran, di mana keistimewaan atau kekayaan ditunjukkan ke inhere di zat sendiri. di setiap gemblengan pengetahuan manusia, kemudian, kami mencarikan mendirikan barang jenis punya keistimewaan baik tertentu.
aristotle lebih jauh bahwa  ini diharapkan skema logis dengan teliti mewakili alami benar kenyataan <. . dy/r. htm>. berpikir, bahasa,  dan kenyataan semua isomorphic, sangat ganjaran hati-hati kami mengatakan dapat membantu kita mengerti barang jalan sungguh. mulai dengan deskripsi sederhana barang teliti, kami dapat akhirnya berkumpul informasi kami untuk mencapai lengkap melihat.

pplying categorie
awal mencatat dalam aristotle <. . ph/ari. htm>' mengumpulkan logis bekerja categorie <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/categorie. html>, analisis predication biasanya. ini mulai dengan perbedaan diantara tiga cara arti dari berbeda menggunakan dari membenarkan mungkin dihubungkan ke saling: homonymy, synonymy,  dan paronymy <. . dy/h5. htm> dalam beberapa terjemahan, " mempunyai dua arti, " " univocal, "  dan " derivatif" ). homonymou menggunakan dari membenarkan punya segala berbeda penjelasan, seperti di" dengan semua uang itu, dia sungguh diload, "  dan " bagaimanapun juga dia mempunyai ke minum, dia sungguh diload. " bersinonim menggunakan punya sebenarnya sama perhitungan, seperti di" sapi mamalia, "  dan " lumba-lumba mamalia. " paronymou attribution punya berbeda tetapi dihubungkan indera, seperti di" dia sehat, "  dan " sifat umum dia sehat. " (categorie 1 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/categorie. 1.1. html> adalah penting di setiap kotak mengerti bagaimana ini menggunakan dari membenarkan membandingkan dengan lain nya menggunakan.
sangat kami cerah tentang jenis kami sedang membuat pada setiap hal, aristotle mengusulkan bahwa kami mengembangkan deskripsi barang sendiri itu menghubungkan dengan setiap membenarkan (atau categorie <. . dy/c. htm> dari sepuluh berbeda jenis. zat <. . dy/s9. htm> paling dari antara penting sekali sepuluh, sejak ini menjelaskan hal dalam kaitan dengan apa ini paling sesungguhnya. untuk aristotle, zat utama hanya hal sendiri sendiri, yang tidak bisa predicated dari yang lain-lain. tetapi zat sekunder predicable, sejak mereka termasuk spesies dan jenis yang mana hal sendiri termasuk. jadi, attribution zat di rasa sekunder ini mendirikan pokok hal teliti.
lain sembilan categories—quantity, kualitas, penghubung, dimana, bila, sedang berada dalam posisi, setelah, bertintak pada,  dan mempengaruhi by—describe keistimewaan yang membedakan zat sendiri ini dari lain sama baik; mereka masih dapat derajat dan mereka contrarie mungkin kepunyaan hal yang sama. (categorie 4 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/categorie. 1.1. html> menggunakan di kombinasi, sepuluh jenis membenarkan dapat menyediakan perhitungan lengkap siapapun hal. jadi, sebagai contoh: chloë anjing yang menimbang forty pound, reddish-brown,  dan salah satu dari sampah tujuh. dia di flat saya 7: 44. m. di juni 3, 1997, berbaring di sofa, memakai pekerja kasar dia, mencaci maki tupai,  dan meminang. aristotle itu diharapkan semua yang benar zat sendiri dapat, pada prinsipnya, mengatakan tentang itu di salah satu dari ini sepuluh jalan.

kebenaran sifat alami

lainnya aristotle <. . ph/ari. htm>' logis bekerja, di tafsiran <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/tafsiran. html>, anggap menggunakan dari membenarkan di kombinasi dengan pokok ke pernyataan bentuk <. . dy/p9. htm> atau pernyataan tegas, setiap dimana salah satu benar atau salah. kami biasanya menentukan kebenaran pernyataan dengan menganjurkan ke pengalaman kami kenyataan ini membawa,  tetapi aristotle mengakui berbagai kesulitan khusus itu timbul di keadaan tertentu.
meskipun kami mengabulkan (dan dapat sering bahkan menemukan) kebenaran atau kepalsuan pernyataan tentang lewat dan persembahkan ihwal, pernyataan tentang masa depan bampak meragukan. jika pernyataan tentang besok benar (atau salah) hari ini, kemudian masa depan peristiwa ini menjelaskan akan terjadi (atau tidak terjadi) perlu;  tetapi jika pernyataan seperti itu benar bukan maupun salah, kemudian tidak ada masa depan sama sekali. aristotle' enceran mengendalikan bahwa pemisahan perlu benar hari ini suingguhpun bukan terpisah. jadi, ini perlu itu salah satu tomorrow' peristiwa akan terjadi atau ini akan tidak,  tetapi ini bukan perlu bahwa akan terjadi maupun perlu bahwa akan tidak terjadi. (di tafsiran 9 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/tafsiran. 1.1. html>
aristotle' pengurusan masalah khusus ini, suka dia banyak umum berusaha ke menyortir sifat alami hubungan diantara keadaan terpaksa dan peristiwa yang mungkin terjadi <. . dy/n. htm> di di tafsiran 12-13 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/tafsiran. 2.2. html>, rumit dengan anggapan bahwa struktur model logika kenyataan sifat alami. dia harus berusaha menjelaskan tidak hanya jalan kami bicara,  tetapi dunia cara oleh karena itu harus.

ilmu pengetahuan penunjuk
akhirnya, di terdahulu analitik <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/terdahulu. html> dan kemudian analitik <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/kemudian. html>, aristotle <. . ph/ari. htm> menawarkan merinci perhitungan penalaran penunjuk diperlukan memperkuat pengetahuan teoritis <. . dy/k9. htm>. menggunakan matematika sebagai contoh, aristotle mengira bahwa semua demikian pengetahuan harus menurunkan dari apa telah mengetahui. jadi, proses penalaran dengan semua orang mati <. . dy/c. htm> mempekerjakan definisi resmi keabsahan <. . dy/v. htm> itu mengizinkan kesimpulan kebenaran baru dari mendirikan prinsip. gol menyediakan perhitungan barang terjadi jalan mereka lakukan, berdasarkan atas wajib apa kami telah tahu.
untuk mencapai keadaan terpaksa asli, ilmu pengetahuan penunjuk ini harus memusatkan di pokok daripada kecelakaan <. . dy/e9. htm>, pada  apa" benar kotak seperti halnya, " daripada pada  apa secara kebetulan" benar kotak sesungguhnya. " adalah bukan cukup mengetahui bahwa ini menghujani hari ini; kami harus dapat ke figur keluar umum kondisi hal jawatan cuaca bawah yang hujan tidak dapat dihindari. bila kami alasan dari perlu universal <. . dy/q. htm> dan afirmatif <. . dy/q. htm> pernyataan tentang keistimewaan pokok sementara berasumsi sebagai kecil sebagai mungkin, menghasilkan tubuh pengetahuan akan sesungguhnya patut menerima nama ilmu pengetahuan.

empat menyebabkan
menerapkan prinsip membangun di uraian logis dia, aristotle <. . ph/ari. htm> menawarkan perhitungan umum cara menjalankan zat sendiri di dunia alami. dia menggambar signifikan perbedaan diantara barang dua jenis: yang memindahkan hanya ketika memindahkan oleh hal lain dan yang mampu dari memindahkan mereka sendiri. di pisah uraian, aristotle tidak hanya mengusulkan deskripsi besar dari tiap jenis tetapi juga berusaha menjelaskan mengapa mereka berfungsi sebagai mereka lakukan.
aristotle dianggap badan dan mereka externally-produced pergerakan di fisika <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/fisika. html>. tiga perbedaan penting sekali menentukan bentuk bahasan ini ilmu eksakta. pertama, dia mewariskan sejak dari permulaan itu, karena perbedaan di asal mereka, kami mungkin perlu tawar berbeda mempertanggung jawabkan fungsi barang alami dan mereka yang artifak. kedua, dia meminta dengan tegas bahwa kami dengan jelas membedakan antara bahan baku dan bentuk yang bersama-sama peraturan <. . dy/h9. htm> sifat alami siapapun hal. akhirnya, aristotle menekankan perbedaan diantara barang sebagaimana adanya dan barang dianggap untuk memecahkan mereka akhir <. . dy/e5. htm> atau maksud.
bersenjata dengan perbedaan ini, aristotle mengusulkan di fisika ii, 3 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/fisika. 2. ii. html> kami menggunakan empat jenis itu sangat berbeda asas bersifat menerangkan {gk. aition [aition <. . dy/a2. htm> kepada pertanyaan hal, empat menyebabkan <. . dy/c2. htm>:
sebab bahan bahan dasar dari mana hal dibuat. penyebab bahan rumah, sebagai contoh, akan termasuk kayu, logam, gelas,  dan menggunakan dalam  nya bangunan bahan bangunan lain. semua  ini barang termasuk di penjelasan rumah karena ini dapat tidak ada kalau mereka hadir di penyusunan nya.
sebab resmi {gk. eido [eido <. . dy/e. htm> pola atau pokok sesuai dengan yang material ini dihimpun. jadi, penyebab resmi rumah patut dicontoh kami akan adalah jenis hal yang direpresentasikan di cetak biru desain. ini, juga, bagian dari penjelasan rumah, sejak material nya akan hanya tinggi puing (atau berbeda rumah) jika mereka adalah bukan meletakkan bersama dengan cara ini.
sebab efisien agen atau kekuatan segera bertanggung jawab untuk membawa perkara ini <. . dy/m2. htm> dan bentuk itu bersama di produksi hal. jadi, penyebab efisien rumah akan termasuk tukang kayu, tukang batu, tukang ledeng,  dan pekerja lain yang menggunakan material ini membangun rumah seturut cetak biru untuk bangunan nya. dengan jelas rumah akan tidak apa itu tanpa sumbangan mereka.
akhirnya, sebab akhir {gk. telov [télo <. . dy/t. htm> akhir <. . dy/e5. htm> atau tujuan di mana hal ada, sehingga penyebab akhir rumah kami akan menyediakan perlindungan untuk manusia. ini adalah bagian dari penjelasan house' adanya karena ini akan tidak pernah telah mendirikan kalau seseorang memerlukan ini sebagai tempat tinggal.
menyebabkan dari semua empat jenis perlu unsur di beberapa cukup perhitungan adanya <. . dy/e9. htm> dan alami hal, aristotle percaya, sejak absen atau perubahan tentang segala salah satu dari mereka akan hasil ini adanya hal berbeda jenis. lagi pula, penjelasan yang termasuk semua empat menyebabkan selesai semua menangkap arti dan kenyataan hal sendiri.

penampilan kesempatan
bahwa peringatan empat menyebabkan menerapkan banyak sewajarnya ke artifak daripada ke obyek alami. kenaikan ilmu pengetahuan modern menghasilkan secara langsung dari penolakan aristotelean pendapat akhir menyebabkan khususnya. masih, skema bekerja sangat untuk artifak kami sering menemukan diri kita menujukan tujuan bahkan kepada rupanya tidak ada gunanya ihwal dunia itu alami.
di banyak aplikasi resmi, efisien,  dan akhir menyebabkan merawat untuk;menjadi menggabungkan di tunggal desain itu dan membangun hal untuk tujuan khusus. jadi, diferensiasi asasi di aristotelean dunia ternyata adalah diantara perkara tidak bertenaga di yang esa tangan dan agen cerdas di lain. sebagai kami akan segera lihat, ini menyediakan penjelasan alami untuk fungsi memberi semangat organisme alami.
kalau barang yang muncul timbul oleh murni kesempatan, aristotle <. . ph/ari. htm> membantah itu sejak dengan maksud tertentu origination menjelaskan oleh empat menyebabkan normal pesanan, hal ini harus salah satu barang itu harus telah sebab tetapi terjadi ke kekurangan ini atau (banyak mungkin) barang itu sebenarnya lakukan telah menyebabkan dimana kami secara sederhana tak sadar. ketrampilan terang di fabrikasi artifak, dia percaya, bukti untuk purposive karakter alami,  dan ini membagi sama keadaan terpaksa, suingguhpun kami kadang-kadang tidak berpengetahuan tentang operasi internal nya. (fisika ii, 8 <http: /karya terkenal pengarang. mit. edu/aristotle/fisika. 2. ii. html>
meskipun saya akan hard-pressed memajukan sebab akhir untuk adanya nyamuk yang sekarang menggigit saya, sebagai contoh, aristotle itu diharapkan di sana harus akhirnya penjelasan untuk nya menyajikan adanya dan kegiatan. banyak generasi ahli filsafat barat, khususnya mengenai dengan mendamaikan doktrin itu kristen dengan falsafah, akan dengan tegas dibela mirip melihat


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms